Selasa, 06 November 2018

Croissant

Bonjour....
   Kuliner masa kini akan membahas hiangan yang berasal dari salah satu negara yang terletak di benua eropa. Negara ini memiliki julukan Frakland dan salah satu kotanya mendapat julukan kota romantis. Dimana lagi kalau bukan negara Prancis. Negara ini dikenal sebagai pusatnya kuliner terbaik dan surga makanan di Benua Eropa. Salah satunya yaitu Croissant. Check...Check...Check...
https://www.google.com/search?q=gambar+Croissant&safe=strict&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwje9vXs_NXeAhUQFHIKHSTHDtwQ_AUIDigB&biw=1280&bih=686#
    Croissant adalah sejenis kue atau roti yang berasal dari Perancis. Croissant sendiri berarti bulan sabit, yang mana menggambarkan bentuk kudapan tersebut.Keunikan dari roti croissant ini adalah bagian dalamnya berupa lapisan-lapisan yang melingkar. Lapisan-lapisan seperti sarang tawon itu adalah kondisi pada butter (mentega).
    Croissant bread sangat enak dimakan sebagai sandwich. Roti ini tidak terlalu padat, sehingga pas untuk dijadikan sandwich sebagai menu makan siang. Rasanya agak gurih, karena penggunaan butter tadi. Kulit yang renyah dan bagian dalam yang tidak terlalu padat, akan membuat permukaan roti ini mudah retak ketika ditekan. Roti croissant tersedia di berbagai toko roti, supermarket sampai hotel berbintang. Cita rasanya cukup bervariasi, mulai dari keju, coklat, almond dan sandwich.
    Jika anda ingin mencobanya, tidak ada salahnya anda membuat sendiri dirumah. Berikut kami akan membagikan resep cara membuat croissant. Check it out!!!

Cara membuat roti croissant :


Bahan – bahan :
  • 600 gram Tepung terigu berprotein tinggi 
  • 60 gram Gula pasir halus 
  • 12 gram Ragi instan 
  • 30 gram Susu bubuk
  • 12 gram Garam halus 
  • 325 ml Air es
Bahan lapisan roti :
  • 350 gram Pastry margarin (digiling tipis dengan dua plastik)
Bahan -bahan untuk olesan roti :
  • 1 butir Telur ayam
  • 1 butir Kuning telur
  • 1 sendok makan Krim kental
Cara membuat roti croissant :
  1. Langkah pertama siapkan sebuah mangkuk yang berukuran besar, campurkan tepung terigu, gula pasir halus, ragi instan, dan susu bubuk.
  2. Aduk – aduk semua bahan hingga tercampur secara merata, lalu tuangkan sedikit demi sedikit air es ke dalam adonan dan uleni adonan tersebut dengan menggunakan tangan.
  3. Kemudian tambahkan garam halus ke dalam adonan, aduk – aduk kembali hingga adonan kalis.
  4. Lalu diamkan dan simpan adonan selama kurang lebih 15 menit di dalam lemari es.
  5. Setelah itu keluarkan adonan dari dalam lemari es, giling adonan secara memanjang dengan menggunakan rolling pin, lakukan dan ulangi proses yang sama hingga adonan habis.
  6. Kemudian taburi dengan tepung terigu pada bagian atas adonan secara merata.
  7. Letakkan pastry margarin tepat di bagian tengah adonan dan lipat adonan hingga tertutup rapat.
  8. Giling kembali adonan secara memanjang, lipat bagian atas dan bagian bawah adonan ke arah tengah lalu giling kembali secara memanjang, lipat single sekali lagi.
  9. Simpan adonan tersebut ke dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit.
  10. Lalu giling adonan memanjang dengan ketebalan sekitar 1/2 cm, potong dan bentuk adonan menjadi segitiga, diamkan adonan selama 30 – 40 menit.
  11. Olesi adonan dengan bahan olesan pada bagian atasnya hingga merata.
  12. Setelah itu panggang dalam oven dengan suhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  13. Setelah matang, angkat dan keluarkan roti dari dalam oven.
  14. Letakkan roti croissant diatas piring saji dan siap dihidangkan.
   Bagaimana sahabat kuliner masa kini mudah bukan? Roti croissant ini juga dapat disajikan bersama bersama secangkir kopi manis lho.

   Selamat mencoba sahabat kuliner masa kini...

0 komentar:

Posting Komentar