Selasa, 30 Oktober 2018

Khanom Buang

Săwătdee krāp!! สวัสดี ครับ
    Thailand negara terkenal dengan julukannya yaitu negeri Gajah Putih. Negara ini terletak di Asia tenggara yang masih serumpun dengan negara Indonesia. Di negara ini banyak makanan lezat dan enak-enak. Salah satunya yaitu Khanom Buang.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT1kf7pRBj35dDpnwM_uMxBAb1Ow1fSL8rF9vijKWhy9Vsxucn2RA
       Khanom Buang merupakan salah satu jenis crepes Thailand. Khanom buang dipercaya sebagai makanan kuno dari Ayutthaya di era Buddha. Hal ini mengacu kepada salah satu toko bernama Phraeng Nara, toko pembuat kanom buang terbaik di sana. Konon, sekitar 100 tahun yang lalu sang pendiri toko pernah menyediakan kue tersebut kepada Raja Rama IV secara langsung.
     Mudah sekali menemukan penjual crepes ini, di jalan-jalan dan di pasar, pagi sampai malam. Setiap potong kanom buang dihargai oleh para penjual rata-rata 5 Baht, atau setara dua ribu rupiah. Sementara itu, di sebuah toko yang berdiri di kawasan Saochingcha, Bangkok, harganya berbanding sangat jauh. Di sini pemilik toko menjualnya seharga 30 Baht, atau sekitar 12 ribu rupiah.

   Jika anda menginginkan khanom buang, tidak perlu repot-repot pergi ke Thailand. Karena kami akan membagikan resep masakan khanom buang. Sehingga anda dapat membuatnya dirumah.

   Cara membuat khanom buang :
 
 

Bahan :
  • 100 g tepung beras
  • Tepung kacang hijau 50g
  • 150g gula 
  • Air 125ml 
  • 1 telur 
  • 1 cangkang telur 
  • 1/2 sdm bubuk coco 
  • 3 putih telur 
  • 1/2 gelas gula 
  • 1/2 cangkir foi thong (benang kuning telur emas)
Cara membuat khanom buang :
  1. Masukkan 1 cangkang telur ke dalam lesung dan alu dan remukkan selama beberapa menit sampai kulitnya pecah menjadi bubuk. Kemudian tuangkan 125 ml air, campur dengan kulit telur yang sudah dihancurkan, dan sisihkan.
  2. Sekarang tambahkan 3 putih telur dan 1/2 cangkir gula ke mangkuk, dan aduk sekitar 5 hingga 10 menit sampai kental.
  3. Selanjutnya kita perlu membuat adonan krep. Saat ini bubuk cangkang telur yang di buat sebelumnya harus sudah berada di dasar lesung dan alu. Tambahkan air ke dalam mangkuk pencampuran, dan kemudian tambahkan 50g tepung kacang hijau, 100g tepung beras, 1 telur, 150g gula, dan 1/2 sendok makan bubuk coco ke mangkuk dan aduk bersama sampai tidak ada benjolan dalam campuran.
  4. Panaskan wajan non stick dengan api sedang-rendah, dan ketika panas, tuangkan sedikit adonan ke dalam wajan, dan sebarkan dengan gerakan melingkar, sehingga memiliki lapisan adonan yang sangat tipis. Biarkan krep dimasak selama sekitar 20 detik atau lebih, kemudian sendok di atas krim kocok yang di buat, bersama dengan beberapa benang kuning telur keemasan. Ketika krepnya sudah renyah dan berwarna coklat muda, letakkan krep menjadi dua bagian dan lepaskan dari panci. Ulangi proses ini sampai semua adonan Anda habis.
Selamat Mencoba Sobat😉

0 komentar:

Posting Komentar